Tips Sebelum Memulai Olahraga Lari | Eiger

Tips Sebelum Memulai Olahraga Lari


Lari merupakan salah satu olahraga yang digemari banyak orang, karena selain dapat dilakukan di mana saja juga tidak memerlukan banyak biaya. Tetapi tahukah kamu bahwa sebelum memulai lari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

1. Sarapan ringan namun bergizi. Seseorang pasti membutuhkan energi untuk berolahraga. Salah satu cara untuk mendapatkan energi tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.
2. Kostum yang tepat. Sebaiknya gunakanlah pakaian yang menyerap keringat dan sepatu khusus lari yang sesuai dengan bentuk kaki atau tipe gerakan kaki.
3. Lakukan pemanasan. Agar otot kamu tidak kaget ketika berlari, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu dan maksimalkan peregangan di bagian kaki.
4. Pastikan tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih secukupnya sebelum memulai lari agar tidak kekurangan cairan dan tubuh tidak cepat lemas.
5. Mulai dengan berjalan. Berjalan memiliki gerakan yang sama dengan berlari namun tanpa banyak tekanan pada tulang dan sendi. Mulailah dengan pola jalan-lari dan tingkatkan repitisi secara bertahap.

Bagaimanapun, lari adalah aktivitas fisik yang murah meriah. Semua orang bisa menikmati dan meraup manfaatnya. Yuk, share pengalaman dan tips tambahan dari kamu di kolom komentar!
*Berbagai sumber