Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Mendaki Gunung | Eiger

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Mendaki Gunung


Mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan, karena di momen ini kamu bisa menikmati keindahan alam dan udara segar. Untuk mendukung kegiatan tersebut dibutuhkan daya tahan tubuh yang prima agar bisa sampai ke tujuan. Berikut tipsnya agar daya tahan tubuh tetap terjaga saat mendaki gunung:
.
1. Melakukan peregangan sebelum dan sesudah mendaki. Selain persiapan fisik seperti olahraga beberapa minggu sebelum pendakian, kamu juga sebaiknya melakukan peregangan agar otot-otot tidak kaku, pegal, dan kram.
2. Minum air secukupnya. Saat pendakian, tubuh melakukan aktivitas fisik yang membuatnya kekurangan cairan. Untuk mengurangi risiko dehidrasi, Eigerian harus minum air secukupnya.
3. Jangan tergesa-gesa ingin cepat sampai puncak. Berjalanlah dengan santai agar stamina tubuh tetap terjaga sekaligus bisa menikmati perjalanan. Perhatikan pula kondisi tubuhmu, jika merasa lelah maka beristirahatlah sebentar dengan duduk dan meluruskan kaki.
4. Siapkan makanan sehat. Eigerian lebih baik mengonsumsi minuman madu dan buah-buahan selama pendakian. Kalau perlu, konsumsi multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
5. Memakai pakaian yang nyaman dan aman. Usahakan untuk mengenakan baju yang menyerap keringat, ringan dan mampu melindungimu dari terpaan sinar matahari atau binatang. Siapkan juga jaket dan jas hujan untuk berjaga-jaga saat udara mulai dingin atau turun hujan.
.
Menurutmu bagaimana, Eigerian?
*Berbagai sumber
.
Photo by : @billydjokosetio