Tips Mengatasi Rasa Lelah Saat Pendakian | Eiger

Tips Mengatasi Rasa Lelah Saat Pendakian


Mendaki gunung merupakan salah satu jenis olahraga yang tentu membutuhkan tenaga yang tidak biasa. Wajar saja jika seorang pendaki pernah merasakan lelah saat di perjalanan mencapai puncak gunung. Sebetulnya, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyiasati rasa lelah tersebut, beberapa di antaranya adalah:

1. Lakukan pemanasan sebelum pendakian. Otot kaki yang tidak terbiasa menerima beban berat saat menghadapi medan di gunung akan terasa cepat keram dan pegal. Oleh karena itu, sebaiknya latih otot dengan pemanasan dan tentunya dengan berolahraga rutin, jauh hari sebelum melakukan pendakian.
2. Membawa bekal makanan dan minuman. Dengan kondisi tubuh yang lelah dan suhu pegunungan yang cukup dingin, biasanya akan mempercepat rasa lapar. Bawalah makanan yang tepat dan cukup efektif untuk mengganjal perut serta mengembalikan tenaga.
3. Mengatur ritme jalan. Melangkahlah dengan langkah kecil saja. Ritme jalan yang stabil membuat perjalanan tidak terasa melelahkan, karena dapat membantu tubuh dan otot-otot untuk melakukan penyesuaian.
4. Istirahat sejenak. Ketika sudah merasakan lelah, carilah tempat yang datar untuk beristirahat. Duduk dan selonjorkan kaki, serta aturlah napas. Namun, jangan beristirahat terlalu lama atau bahkan sampai tertidur, karena justru akan membuat suhu tubuh jadi menurun dan dapat menyebabkan hipotermia.

Menurutmu bagaimana, Eigerian? Apakah kamu juga pernah merasakan lelah saat pendakian?
*Berbagai sumber