Tips Memilih Lokasi Berkemah | Eiger

Tips Memilih Lokasi Berkemah


Berkemah bisa jadi pilihan seru untuk menghabiskan akhir pekan, apalagi jika kamu mencari lokasi kemah sendiri di bentangan alam bebas. Tetapi, menentukan lokasi berkemah tentu tidak sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti berikut:
.
1. Dekat dengan sumber air bersih. Hal ini akan memudahkan aktivitas kamu selama berkemah, seperti memasak, mandi, atau mencuci. Kamu bisa pilih lokasi di dekat sungai, danau, atau air terjun, dan yang terpenting air tersebut mengalir.
2. Kontur tanah yang datar. Untuk mendirikan tenda, carilah kontur tanah yang datar dan padat, serta tidak lembap atau lunak. Jauhi pula tanah yang berkerikil dan berlombang karena akar tanaman.
3. Jauh dari bahaya hewan liar. Penting untuk melakukan riset mengenai lokasi kemahmu dengan bertanya dengan penduduk lokal atau penjaga kawasan tersebut. Jangan lupa pula untuk mencari tahu tentang cara menghadapi hewan liar di hutan untuk berjaga-jaga.
4. Tidak menghalangi jalur pendaki. Sesama petualang harus saling menghargai, salah satu caranya adalah dengan tidak mendirikan tenda di jalur pendakian.
5. Tidak berada di dasar lembah atau ngarai. Kondisi geografis juga sangat penting diperhatikan, seperti tidak mendirikan tenda di dasar lembah atau ngarai, karena udaranya akan sangat dingin dan lembap di malam hari. Perhatikan pula kondisi angin di kawasan tersebut, sebaiknya dirikan tenda di dekat pohon untuk menghalangi terpaan angin.
.
Menurutmu bagaimana, Eigerian? Jika ada tambahan, silakan tulis di kolom komentar ya..
*Berbagai sumber
.
Photo by : @joeadimara_