Tips Melakukan Pendakian di Musim Kemarau | Eiger

Tips Melakukan Pendakian di Musim Kemarau


Musim kemarau bisa jadi waktu yang pas untuk mendaki gunung, karena selain cuaca yang cerah, potensi hujan di gunung juga menjadi berkurang sehingga kegiatan mendaki jadi lebih menyenangkan tanpa hambatan. Tapi, musim kemarau juga termasuk berbahaya karena berpotensi kebakaran hutan yang disebabkan gesekan pohon-pohon dan rumput yang kering. Berikut ini adalah hal yang harus Eigerian perhatikan saat melakukan pendakian di musim kemarau:
.
1. Pilih destinasi gunung yang tidak terlalu rawan kebakaran. Lihat track record gunung yang akan kamu tuju selama beberapa tahun belakang. Lebih baik pertimbangkan juga destinasi lainnya yang cukup aman dan tak terlalu rawan kebakaran. Lalu, jangan lupa untuk mencari info sebanyak-banyaknya tentang kondisi terkini dari gunung tersebut beberapa hari sebelum keberangkatan.
2. Minta nomor darurat yang bisa dihubungi. Jangan lupa untuk meminta nomor-nomor pihak berwenang, seperti pihak pengelola gunung atau nomor kantor polisi di daerah tersebut. Hal ini untuk antisipasi jika kamu harus berhadapan dengan situasi darurat di tengah pendakian.
3. Siapkan peralatan navigasi. Bawa peta topografi dan kompas sebagai alat bantu saat harus mencari jalur alternatif untuk evakuasi diri. Pastikan juga kamu paham dan menguasai cara penggunaannya.
4. Jangan melakukan aktivitas yang bisa menyulut kebakaran. Kebanyakan kasus kebakaran hutan yang melibatkan pendaki biasanya terjadi karena kelalaian saat membuat api unggun untuk menghangatkan badan. Jika terpaksa harus membuat api unggun untuk melawan serangan hipotermia, pastikan api tetap aman terkendali. Dan, jangan lupa untuk memadamkan kembali api hingga benar-benar padam, serta membersihkan area perapian dengan baik dan benar.
.
Gimana menurut kamu, Eigerian?
*Berbagai sumber
.
Photo by : A Life Journey Expedition