Tips Berkemah di Saat Curah Hujan yang Tinggi


Berkemah saat hujan bukanlah sebuah piknik biasa. Iklim yang tidak menentu dan curah hujan yang tinggi tentu mempengaruhi kenyamanan ketika berkemah. Yuk, simak beberapa tips di bawah ini tentang apa saja yang harus diperhatikan ketika berkemah di musim hujan.

1. Pilih lokasi. Pastikan area yang akan kamu jadikan lokasi berkemah aman meski diguyur hujan. Jangan pilih lokasi yang mungkin menjadi aliran air hujan atau yang berpotensi menjadi genangan.
2. Bawa tenda yang tepat. Gunakan tenda yang memiliki lapisan anti air dan gunakan tambahan flysheet atau terpal di atas dan alas tenda sehingga lebih aman dari masuknya air hujan ke dalam tenda.
3. Pastikan ventilasi yang cukup. Tenda juga harus memiliki ventilasi yang cukup sehingga tidak akan menimbulkan embun di dalam tenda. Dengan demikian, kondisi barang dan dalam tenda akan tetap aman dari air hujan.
4. Gunakan jas hujan dan pakaian yang tepat. Pakailah jas hujan untuk mempermudah aktivitasmu di lokasi perkemahan, serta perhatikan pula pakaian yang kamu gunakan agar badan tidak lembab dan basah untuk menghindari hipotermia.
5. Waspada bahaya petir. Hindari mendirikan tenda di bawah pohon yang besar untuk antisipasi pohon tumbang akibat hujan dan angin. Selain itu, jangan mendirikan tenda di puncak karena sangat besar potensi tersambar petir.

Apakah kamu salah satu yang sering melakukan kemah di musim hujan?
*Berbagai sumber

#EigerAdventure #EigerTropicalAdventure #YourTropicalDiscovery #EigerInfo #Camping