Mengenal Jenis Aktivitas Fisik Yang Bisa Dilakukan Di Rumah | Eiger

Mengenal Jenis Aktivitas Fisik Yang Bisa Dilakukan Di Rumah


Selama #DiRumahAja dengan menghabiskan banyak waktu untuk duduk, berbaring, atau sekadar bermain gawai, tak dipungkiri dapat memperburuk kesehatan. Hal itu disebabkan karena kita mengurangi aktivitas fisik regular, sehingga energi yang dikeluarkan untuk beraktivitas jauh lebih rendah dari sebelumnya. Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus meluangkan waktu untuk olahraga setidaknya 10-15 menit agar tubuh tetap bugar dan fit. Berikut ini adalah beberapa jenis aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan selama #DiRumahAja:
.
1. Stretching atau peregangan tubuh merupakan kegiatan yang paling simpel dan dapat dilakukan kapan pun. Aktivitas ini sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan fleksibilitas sendi. Selain itu, stretching juga dapat mengurangi stres karena membuat diri lebih rileks.
2. Jalan kaki atau jogging. Olahraga ringan di sekitar area rumah juga baik dilakukan setiap hari, seperti jalan kaki atau jogging yang dapat membantu perkembangan otot, meningkatkan kesehatan jantung, dan juga memperbaiki mood.
3. Yoga atau meditasi merupakan olahraga ringan yang tak hanya menyehatkan fisik, namun juga mental. Kegiatan ini memiliki segudang manfaat, di antaranya dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan juga merelaksasikan pikiran.
4. Skipping. Selain efektif untuk membantu menurunkan berat badan, olahraga lompat tali ini juga sangat baik untuk kesehatan paru-paru, jantung, otot, hingga tulang. Lakukan rutin selama 10 menit dalam satu hari agar tubuh tetap bugar.
5. Low impact cardio dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan kardioviskular. Cardio ringan yang bisa kamu lakukan adalah push up atau sit up, plank, squat, atau jumping jack. Meski gerakannya sederhana, tapi olahraga ini efektif membakar lemak sekaligus melatih otot tubuh kamu.
.
Kalau Eigerian, olahraga apa yang rutin kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh selama #DiRumahAja?