Isyarat Konvoi Dalam Touring Sepeda Motor Bersama Rombongan | Eiger

Isyarat Konvoi Dalam Touring Sepeda Motor Bersama Rombongan


Tahukah Eigerian bahwa ketika sedang touring bersama rombongan menggunakan sepeda motor, ada beberapa bahasa isyarat untuk berkomunikasi yang harus dikuasai para pengendara. Berikut adalah beberapa kode atau isyarat yang sering digunakan dalam touring:
.
1. Tangan kanan diangkat dengan memutar-mutar jari telunjuk yang mengisyaratkan untuk menghidupkan mesin motor.
2. Telapak tangan kiri dibuka dan diangkat sebatas pundak untuk memberi isyarat akan berbelok ke arah kiri.
3. Telapak tangan kiri dibuka dan diangkat sampai posisinya di atas helm, gerakan dilakukan berulang-ulang sebagai isyarat akan berbelok ke arah kanan.
4. Tangan kiri digerakkan mengarah ke bawah dengan membuka jari telunjuk yang mengisyaratkan bahwa terdapat sesuatu di sebelah kiri, seperti terdapat lubang atau jalan rusak.
5. Menggerakkan kaki sebelah kanan ke bawah yang mengisyaratkan bahwa terdapat sesuatu di sebelah kanan, seperti terdapat lubang atau jalan rusak.
6. Tangan kiri diangkat sambil menunjukkan jari telunjuk ke depan untuk memberikan isyarat menambah kecepatan motor.
7. Telapak tangan kiri dibuka secukupnya kemudian telapak tangan diayunkan dengan perlahan yang artinya kurangi kecepatan motor.
8. Telapak tangan kiri mengepal dan diarahkan ke atas dengan beberapa kali gerakan untuk memberi isyarat untuk merapatkan barisan dan dengan mengurangi kecepatan motor.
9. Tangan kiri diangkat dengan menunjukkan dua jari untuk membuat dua barisan, sedangkan apabila menunjukkan satu jari artinya untuk membentuk satu barisan.
10. Tangan sebelah kiri diarahkan ke bawah dan telapak tangan dibuka sambil dihadapkan ke bawah yang mengisyaratkan kepada rombongan agar segera berhenti.
.
Nah, menurutmu bagaimana Eigerian? Apa sudah siap melakukan touring dengan rombonganmu?
*Berbagai sumber